SCTV Kontrak Timnas U-19 Untuk Tur Nusantara 20 Kali?

Pada 26 May 2014 15:04 WIB

Jakarta, FDSInews – Para punggawa Garuda Jaya tak bisa berlama-lama istirahat. Usai tiga kali laga ujicoba melawan Yaman dan Lebanon U-19, Evan Dimas dkk sudah ditunggu dengan jadwal padat Tur Nusantara Edisi kedua.

Kepastian adanya Tur Nusantara Edisi kedua ini disampaikan oleh Sekjend PSSI Joko Driyono. “Tanggal 6 Juni tur Nusantara jilid dua sudah mulai lagi. Rencananya ada 8-9 pertandingan. Karena ‘kan di tur Nusantara pertama, ada 12 pertandingan. Jadi sisa 8 pertandingan lagi karena semua total ada 20 pertandingan,” ungkap Joko di Jakarta, Senin (26/5) sebagaimana yang dilansir dari detik.com

Tur Nusantara jilid dua tersebut, lanjut Joko akan dimulai dari kota Aceh. Lalu, akan diteruskan ke Padang, Riau, Bandung, Malang, dan berakhir di Sidoarjo.

“Terakhir itu di stadion bersejarah mereka yaitu di Sidoarjo. Setelah itu mereka akan menjalani pemusatan latihan di bulan puasa untuk persiapan ke Valencia.”

Menilik pernyataan Sekjend PSSI tersebut, semakin mempertegas dugaan banyak pihak bahwa Tur Nusantara ini bukanlah program latihan dan ujicoba dari pelatih Indra Sjafri. Namun, keinginan dari pemegan hak siar timnas U-19 yakni SCTV dan BTN/PSSI sendiri. Bagaimana tidak, Joko Driyono sendiri menyatakan, bahwa total tur nusantara ada 20 kali. Biasanya, program latihan dan ujicoba menyesuaikan kebutuhan pelatih. Secara logika, staff pelatih lah yang paling tahu berapa kali kebutuhan ujicoba untuk anak asuhnya. Namun, beda halnya dengan timnas U-19 kali ini. Untuk ujicoba sekelas tur nusantara saja harus dipatok sampai 20 kali.

Sebelumnya, pelatih Indra Sjafrie menjelaskan beberapa manfaat dari adanya tur nusantara. Diantaranya adalah untuk memberi hiburan pada masyarakat daerah, serta memotivasi para pemain muda daerah agar mampu berprestasi seperti Evan Dimas dkk. Namun, jika alasannya hanya sekedar memberi hiburan, apakah patut jika semua itu harus dibayar dengan performa tim yang dikhawatirkan tidak bisa mencapai puncak pada waktunya? Ditambah dengan kekhawatiran banyaknya punggawa tim yang bisa mendapat cedera. Sudah selayaknya staff pelatih timnas U-19 memikirkan kembali jadwal Tur Nusantara kali ini.

(hmm)

Komentar Pengunjung

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com