Evaluasi Kinerja Wasit Indonesia

Pada 30 May 2014 22:46 WIB

Oleh : Rudy MonsterJack feat Reds

Sudah dua hari berlalu setelah saya menyaksikan laga tim kebanggaan saya, yaitu Persiba Bantul kontra Persepam Madura United (Rabu, 28-05-2014). Tapi dipikiran saya terasa masih saja ada yang mengganjal, hati saya masih saja merasa sakit hati akibat kekalahan klub kebanggaan saya.

Ya, Persiba Bantul harus menelan “pil pahit” akibat 2 goal yang bersarang ke gawang Wahyu Tri Nugroho melalui titik putih pinalti yang diberikan ke Persepam oleh wasit Dody Setya Purnama. Berbicara tentang wasit, kali ini saya akan menumpahkan semua uneg-uneg saya tentang kinerja wasit di ISL, khususnya wasit Dody Setya Purnama.

Dody Setya Purnama, siapa yang tak kenal dengan wasit ini, namanya banyak dikenal setelah ia masuk dalam daftar kinerja wasit yang harus evaluasi saat PSSI melakukan rapat evaluasi ISL putaran pertama. Bahkan wasit Dody Setya Purnama sempat di istirahatkan sementara oleh Komite Wasit yang dipimpin Roberto Rouw.

Banyak keputusan wasit Dody Setya Purnama yang kontroversi dan patut di pertannyakan, termasuk keputusan memberi Pinalti saat Persiba Bantul kontra Persepam dan yang paling mencolok adalah saat memimpin laga antara Persebaya kontra Mitra Kukar yang berkesudahan dengan skor 2-1 untuk kemenangan Persebaya. Al hasil Manajemen Mitra Kukar pun merasa dirugikan dan melayangkan protes kepada PSSI atas kinerja buruk wasit Dody Setya Purnama.

Saat Persiba kontra Persepam, penalti kedua yang diberikan ke Persiba berbau sepele, kartu kuning untuk Persiba berbau sepele, tiga kali lemparan ke dalam pemain sekelas Dulsan pun dianggap salah. Entah bagaimana sudut pandang seorang wasit Dody Setya Purnama yang selalu banyak menghasilkan keputusan kontroversi.

Dengan masih banyaknya kinerja wasit yang buruk, apakah ISL layak dianggap sebagai liga profesional..???? dalam masalah ini siapa yang salah.
.???? wasitnya kah…???? atau PSSI sebagai induk organisasi dari sepak bola indonesia..???

Lalu dengan masih banyaknya kinerja wasit yang buruk, tindakan apakah yang akan di lakukan PSSI…????? Apakah hanya akan evaluasi, evaluasi, evaluasi dan evaluasi terus…???? saya butuh tindakan nyata yang bisa merubah kinerja wasit menjadi lebih baik, bukan hanya “teori” dari hasil evaluasi.

Just share semoga sepakbola Indonesia lekas sembuh, oh iya reward wasit terbaik tiap bulannya ‘cuma’ 10 juta ya? urusan mudah untuk klub yang sehat dan dimanjakan duit buat ‘uang jajan’ wasit.

BRAVO SEPAK BOLA INDONESIA…!!!!

Komentar Pengunjung

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com