Bambang Pamungkas Sayangkan Kefanatikan Suporter Indonesia Pada Klub Luar Negeri

Pada 8 June 2014 15:28 WIB

FDSInews – Legenda timnas Indonesia Bambang Pamungkas menyoroti fanatisme berlebihan dari suporter Indonesia terhadap tim-tim dari luar negeri. Bepe, panggilan akrabnya, menyampaikan hal tersebut usai memperkuat tim Indonesia Legends saat melawan tim World Legends dalam pertandingan persahabatan di Gelora Bung Karno, Minggu (8/6).

“Sepakbola di Indonesia ini kita kenal memang cukup fanatis penontonnya terhadap klub luar negeri seperti Chelsea, Arsenal, Liverpool. Tapi kadang fanatis itu menurut saya terlalu luar negeri oriented. Mereka bersorak-sorai untuk tim luar dan tidak dapat apa-apa ketika mereka pergi,” beber Bambang Pamungkas yang kini merupakan pemain Pelita Bandung Raya (PBR).

“Sangat disayangkan, saya pikir harus kembali mendukung sepakbola sendiri. Ada baiknya yang berubah bukan hanya pemain dan pengurus, tapi juga dari suporter,” lanjut eks bomber Persija Jakarta dan Timnas Indonesia yang juga tifosi dari Inter Milan ini.

Tim World Legends memang diperkuat oleh deretan mantan pemain pilar klub-klub besar Eropa, sebut saja Gennaro Gatusso (AC Milan), Robbie Fowler (Liverpool), Manuel Rui Costa (Fiorentina & AC Milan), Rivaldo (Barcelona & AC Milan), Alessandro Nesta (Lazio & AC Milan), Gianluca Zambrotta (Juventus, Barcelona, & AC Milan), juga Luis Saha (Manchester United).

Ada pula Nuno Gomez (Fiorentina), Marco Materazzi (Inter Milan), Mikael Silvestre (Manchester United), Francesco Toldo (Fiorentina & Inter Milan), Patrick Vieira (Arsenal), Fabio Cannavaro (Parma, Juventus, & Inter Milan), Hidetoshi Nakata (Parma & AS Roma), hingga Luis Figo (Barcelona, Real Madrid, & Inter Milan).

Komentar Pengunjung

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com